14 Augustus 2013

Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2

Satuan Pendidikan                  : SMK N 1 Yogyakarta
Kompetensi Keahlian              : Bisnis dan manajemen
Mata  Pelajaran                       : Kompetensi kejuruan
Kelas/Semester                        : X AP 1 / X AP 2
Tahun Pelajaran                       : 2012/2013
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit (satu kali tatap muka)
Kode Kompetensi                   : 118 KK SK 3
KKM                                       : 70
Standar Kompetensi               : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar                   : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator                                 : 1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
  1.2 Menjelaskan pentingnya kerjasama dengan kolega dan
        pelanggan dengan benar dan tepat

I.         Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan komunikasi dengan kolega secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah.
2.      Siswa dapat menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat sesuai tata bahsa Indonesia.
3.      Siswa dapat mempertimbangkan pengaruh bahasa tubuh
4.      Siswa mampu memperlihatkan kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan
5.      Siswa mampu mempergunakan keaktifan mendengarkan dan bertanya untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
6.      Siswa dapat mengidentifikasi potensi konflik yang ada dan mencari solusinya dengan bantuan kolega bila dibutuhkan.

Nilai Karakter yang dikembangkan :
Ø  Gemar membaca
Ø  Tanggung jawab
Ø  Disiplin
Ø  Religius
Ø  Keberanian
Ø  Kreatif

II.       Uraian Materi Pokok
Pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan solusinya


III.    Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
Ø  Diskusi
Ø  Presentasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran   
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Pengorganisasian kelas
Waktu
Peserta
a.       Apersepsi/
motivasi







b.      Kegiatan Inti
                    



































c.Kegiatan Akhir           
1.      Pengkondisian Kelas (Disiplin)
2.      Berdoa (Religius)
3.      Mengabsen siswa (disiplin dan tanggung jawab)
4.      Menyampaikan tujuan dan cakupan materi Pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan solusinya

- Eksplorasi :
1.      Guru memberikan sedikit setimulus terkait materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya yaitu pengertian bekerjasama dengan kolega dan pelanggan.
2.      Siswa membaca materi pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan solusinya (Gemar Membaca)
3.      Guru menjelaskan materi mengenai Pengaruh bahasa tubuh serta kepekaan akan budaya dan mengidentifikasi konflik dan solusinya
a.       Tata hubungan komunikasi
b.      Jenis-jenis komunikasi
c.       Faktor-faktor komunikasi
d.      Teknik berbicara
e.       Pendengar yang efektif
f.       Indicator konflik dan solusinya
- Elaborasi :
1.      Diskusi siswa (Kreatif dan Keberanian)
a.       Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok
Tema :
1)      Faktor-faktor komunikasi segi komunikator
2)      Faktor-faktor komunikasi segi komunikan
b.      Diskusi kelompok
c.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas berurutan sesuai nomor kelompok
d.      Setiap kelompok membuka 1 termin dengan 2 penanya
e.       Setiap kelompok membuat laporan hasil diskusi/persentasi

- Konfirmasi
1.      Memberkan umpan balik dan penguatan terhadap materi yang telah  dipelajari siswa.
2.      Meminta siswa untuk merefleksi atas pembelajaran yang telah dialaminya. (Keberanian)
Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi pelajaran yang dipelajari pada hari ini.
2.      Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3.      Doa dan salam.
10 menit








15  menit


















45 menit

















10 menit






10 menit



Kelas








Kelas


















Kelas

















Kelas






Kelas





V.       SUMBER BELAJAR
Tim Merah Putih. 2008. Modul Produktif Andalan Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran: Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. CV. Merah Putih.
E. Juhana Wijaya. 2009. Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Bnadung. CV, Armico.
Suyetty dan Gita Kurniawan. 2005. Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Bogor. Yudhistira.

VI.    BAHAN/ ALAT :
Papan Tulis, spidol
LCD
Komputer
Buku-buku yang relevan

VII. PENILAIAN PROSES/OBSERVASI
1.      Prosedur test:
Test awal        : ada
Test Proses     : ada
Test akhir       : ada
2.      Jenis test         :
Test awal        : lisan
Test proses     : pengamatan dan hasil akhir
Test akhir       : ada   
3.      Kriteria penilaian
Proses             : 10
Hasil kerja      : 80
Sikap              : 10
Penilaian Ranah Psikomotorik
No
KRITERIA
NILAI MAKSIMAL
NILAI
PEROLEHAN
KETERANGAN

1
Proses kerja
10


2
Hasil kerja
80


3
Sikap
10


    
Penilaian Ranah Afektif
No.
Aspek yang dinilai
Nilai
Kurang
(Skor < 60)
Cukup
(Skor 60-75)
Baik
(Skor 76-85)
Amat Baik
(Skor 86-100)
1.
Ketertiban




2.
Semangat belajar/ Antusias




3.
Inisiatif




4.
Kemampuan berbicara




5.
Dll.




Jumlah SKOR Afektif






 
Standar Kompetensi               : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan kolega  dan pelanggan
Kompetensi Dasar                   : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator                                 : 1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
  1.2 Menjelaskan pentingnya kerjasama dengan kolega dan
        pelanggan dengan benar dan tepat
 

MATERI AJAR

A.    Tata hubungan komunikasi
Tata hubungan komunikasi adalah cara penyampaian berita atau keterangan-keterangan yang mengandung arti dalam berbagai bidang kegiatan sehari-hari.
Syarat-syarat terjadinya hubungan yang baik agar dapat memperlancar tercapainya tujuan organisasi, yaitu sebagai berikut :
a.       Harus ada sinkronisasi tujuan organisasi
b.      Suasana kerja yang menyenangkan
c.       Informalitas yang wajar dalam hubungan kerja
d.      Manusia sebagai pribadi bukan mesin
e.       Pengembangan kemampuan
f.       Pekerjaan yang menarik dan penuh tantangan
g.      Pengakuan dan penghargaan atas pelaksanaan tugas

B.     Jenis-jenis komunikasi
Jenis-jenis komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
a.       Komunikasi menurut lawan jenis
b.      Komunikasi menurut jumlah
c.       Komunikasi menurut maksud
d.      Komunikasi menurut ruang lingkup
e.       Komunikasi menurut cara penyampaian

C.     Faktor-faktor komunikasi
a.       Komunikator
1)      Kecakapan komunikator
2)      Pengetahuan
3)      Sikap
4)      Sistem social
b.      Komunikan
1)      Cakap
2)      Pengetahuan
3)      Ramah
4)      Sistem social

Faktor-faktor yang menghambat komunikasi :
a.       Kecakapan kurang
b.      Sikap yang kurang tepat
c.       Pengetahuan kurang
d.      Kurang memahami sistem sosial
e.       Salah sangka yang tidak beralasan

D.    Teknik berbicara
a.       Prinsip-prinsip berbicara
1.      Prinsip motivasi
2.      Prinsip perhatian
3.      Prinsip kegunaan
4.      Prinsip ulangan
5.      Prinsip keinderaan
6.      Prinsip pengertian
b.      Estetika berbicara
Merupakan seni berbicara seseorang yang bisa menimbulkan daya tarik bagi pendengar atau peserta
1)      Gaya berbicara
2)      Gaya penampilan yang menarik

E.     Pendengar yang efektif
Mendengarkan secara efektif adalah kegiatan aktif dari pikiran kita bukan kegiatan pasif. Mendengarkan adalah kegiatan menganalisis, menghargai, dan memberikan pendapat terhadap pembicara.

F.      Indicator konflik dan solusinya
a.       Indikasi yang menimbulkan konflik
1)      Makin meningkatkanya ketidak pastian diantara anggota kelompok atau organisasi dalam mencapai tujuan
2)      Dalam kelompok mulai terdapat perbedaan yang mencolok dalam memenuhi kebutuhan dan mencapai sasaran yang diinginkan
3)      Mulai terlihatnya tanda-tanda kelemahan/kurang tegasnya seorang pimpinan
4)      Mulai rendahnya perhatian pada organisasi
b.      Solusi dalam menyelesaikan konflik
1)      Menciptakan suasana saling menguntungkan
2)      Focus pada masalah sebenarnya
3)      Membandingkan solusi sama-sama menang

c.       Tahapan konflik
1)      Tahap 1, konflik yang disertai emosi
2)      Tahap 2, konflik yang terjadi karena adanya unsur kompetisi yang ditandai sikap kalah menang.
3)      Tahap 3, konflik yang bertujuan mengubah keinginan untuk menang menadi keinginan untuk mencederai.

LEMBAR KERJA SISWA

Kelas                    : ……….
Kelompok            :  ……….
Nama Kelompok :
1. ………………………..…….….                2. ……………….………………….
3.  ………………………………...                4. ………………………….………. 
5. ……………..…………………..                6. ……………….………………….
7. ………………………………….               8. ………….……………………….
9. ………………………………….               10. …………….…………………..

MATA PELAJARAN
Dasar Kompetensi Kejuruan
SK
Menerapkan prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan
KD
Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indicator/Tujuan khusus pembelajaran
1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
1.2 Menjelaskan pentingnya kerjasama dengan kolega dan pelanggan dengan benar dan tepat
Waktu
5 menit
Prosedur kerja
1.Tentukan pembagian tugas anggota kelompok
2.Tema diskusi
a.       Faktor-faktor komunikasi segi komunikator
b.      Faktor-faktor komunikasi segi komunikan
3.  Selesaikan tugas dengan diskusi kelompok
4.Presentasikan hasil diskusi sesuai dengan nomor urut kelompok
Pertanyaan tugas
Soal
Jawaban
1.




2.






3.




Tambahan/menambahi
1.


2.






Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking