04 Mei 2013

DARWIN 8

KAPITALISME DAN PERJUANGAN UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP DI
BIDANG EKONOMI


İ stilah kapitalisme berarti kedaulatan kapital atau modal, yakni sistem ekonomi bebas tanpa batas yang didasarkan secara penuh pada keuntungan, di mana masyarakat bersaing atau berkompetisi dalam batasan-batasan ini. Terdapat tiga unsur penting dalam kapitalisme: individualisme, persaingan (kompetisi) dan perolehan keuntungan. Individualisme penting dalam kapitalisme sebab manusia melihat diri mereka sendiri bukan sebagai bagian dari masyarakat, tetapi sebagai “individu-individu” yang berdiri sendiri di atas kedua kakinya dan harus memenuhi kebutuhan pribadi dengan kerja kerasnya sendiri. “Masyarakat kapitalis” adalah arena dimana para individu bersaing satu sama lain dalam lingkungan yang keras dan tanpa belas kasih. Ini adalah arena yang persis sebagaimana penjelasan Darwin, yang menempatkan hanya yang kuat yang tetap hidup, sedangkan kaum lemah dan tak berdaya akan terinjak-injak dan tersingkirkan; ini juga tempat di mana kompetisi sengit merajalela.
Menurut pola pikir yang dijadikan dasar berpijak kapitalisme, setiap individu – dan ini dapat berupa perorangan, sebuah perusahaan atau suatu bangsa – harus berjuang demi kemajuan dan kepentingannya sendiri. Hal terpenting dalam peperangan ini adalah produksi. Produsen terbaik akan bertahan hidup, sedangkan yang lemah dan tidak cakap akan tersingkir dan lenyap. Beginilah sosok sistem kapitalisme, yang telah melupakan kenyataan bahwa yang tersingkirkan dalam peperangan sengit ini, yang terinjak-injak dan jatuh miskin adalah “manusia”. Yang menjadi pusat perhatian kapitalisme bukanlah manusia, akan tetapi pertumbuhan ekonomi, dan barang, yakni hasil dari pertumbuhan ekonomi ini. Karena alasan tersebut, pola pikir kapitalis tidak lagi merasakan tanggung jawab etis atau memiliki hati nurani terhadap orang-orang yang terinjak di bawah kakinya, yang harus mengalami berbagai kesulitan hidup. Ini adalah Darwinisme yang diterapkan secara menyeluruh pada masyarakat di bidang ekonomi
Dengan menyatakan perlunya mendorong kompetisi di berbagai bidang kehidupan, dan memaklumkan tidak perlunya menyediakan kesempatan atau bantuan bagi golongan masyarakat lemah dalam hal apapun, baik di bidang kesehatan hingga ekonomi, para perumus Darwinisme Sosial terkemuka telah memberikan dukungan “filosofis” dan “ilmiah” bagi kapitalisme. Misalnya, menurut Tille, sosok terkemuka yang mewakili mentalitas kapitalis-Darwinis, adalah kesalahan besar untuk mencegah kemiskinan dengan cara membantu “kelompok-kelompok yang tersingkirkan”, sebab ini berarti turut mencampuri seleksi alam yang mendorong terjadinya evolusi.119
Dalam pandangan Herbert Spencer, perumus utama teori Darwiniwme Sosial, yang memasukkan ajaran pokok Darwinisme ke dalam kehidupan masyarakat, jika seseorang miskin maka ini adalah kesalahannya sendiri; orang lain tidak sepatutnya menolong agar ia bangkit. Jika seseorang kaya, bahkan jika ia mendapatkan kekayaannya melalui cara yang tidak bermoral, maka ini adalah berkat kecakapannya. Oleh karena itu, orang kaya akan bertahan hidup, sedangkan yang miskin akan lenyap. Ini adalah pemandangan yang telah berlaku hampir secara menyeluruh pada masyarakat sekarang dan gambaran ringkas tentang moralitas kapitalis-Darwinis.
Spencer, yang mendukung moralitas ini, menyelesaikan karyanya Social Statistics pada tahun 1850, dan menolak segala bentuk bantuan bagi masyarakat yang diusulkan oleh negara, seperti program pencegahan untuk melindungi kesehatan, sekolah-sekolah negeri, dan vaksinasi wajib. Sebab menurut Darwinisme Sosial, tatanan kemasyarakatan terbangun berdasarkan keberlangsungan hidup bagi yang kuat. Pemberdayaan masyarakat lemah yang menjadikan mereka mampu bertahan hidup adalah pelanggaran terhadap asas ini. Si kaya adalah kaya karena mereka lebih layak hidup; sebagian bangsa menjajah sebagian yang lain dikarenakan pihak penjajah lebih unggul dari pihak terjajah, manusia dengan ras-ras tertentu menjadi bawahan dari ras-ras lain karena tingkat kecerdasannya yang lebih tinggi. Spencer menerapkan doktrin ini dengan sungguh-sungguh pada masyarakat manusia, “Jika mereka benar-benar layak untuk hidup, mereka akan hidup, dan memang sebaiknya mereka harus hidup. Jika mereka benar-benar tidak layak untuk hidup, mereka akan mati, dan adalah yang terbaik jika mereka harus mati”120
Graham Sumner, Professor Ilmu Politik dan Sosial di Universitas Yale, adalah juru bicara Darwinisme Sosial di Amerika. Dalam salah satu tulisannya, ia merangkum pandangannya tentang masyarakat manusia sebagai berikut:
...jika kita mengangkat seseorang ke atas kita harus memiliki tumpuan, yakni titik reaksi. Dalam masyarakat ini berarti bahwa untuk mengangkat seseorang ke atas maka kita harus mendorong seseorang yang lain ke bawah.121
Richard Milner, editor senior pada Majalah Natural History terbitan American Museum of Natural History, New York, menulis:
Salah satu juru bicara terkemuka Darwinisme Sosial, William Graham Sumner dari Princeton, berpandangan bahwa kaum jutawan adalah individu-individu ‘paling cakap’ dalam masyarakat dan berhak mendapatkan perlakuan istimewa. Mereka “secara alamiah telah terseleksi di arena kompetisi”122
Sebagaimana telah kita ketahui dari pernyataan ini, para pendukung Darwinisme Sosial menggunakan teori evolusi Darwin sebagai pernyataan “ilmiah” bagi masyarakat kapitalis. Akibat dari hal ini, masyarakat telah kehilangan akhlak mulia yang diajarkan agama seperti saling membantu, kedermawanan, dan kerjasama. Sebaliknya, ajaran ini telah tergantikan oleh sifat mementingkan diri sendiri, kikir dan oportunisme. Menurut salah seorang perumus teori Darwinisme Sosial terkemuka, Profesor E.A. Ross asal Amerika, “Bantuan kemanusiaan yang dikelola kaum Kristiani sebagai sarana amal kebajikan telah memunculkan tempat berlindung di mana orang-orang dungu tumbuh dan berkembang biak.” Lagi menurut Ross, “Negara mengumpulkan orang bisu dan tuli di tempat-tempat penampungannya, dan ras manusia bisu dan tuli sedang dalam proses pembentukan.” Ross menolak semua ini karena dianggap mencegah kemajuan proses evolusi di alam dan berkata, “Jalan paling pintas untuk menjadikan dunia ini surga adalah dengan membiarkan mereka yang tergesa-gesa cenderung ingin ke neraka berjalan dalam langkah mereka sendiri.”123
Sebagaimana telah kita pahami, Darwinisme telah membangun dasar filosofis bagi semua sistem ekonomi kapitalis di dunia dan sistem politik yang terwarnai oleh sistem ekonomi ini.
Inilah alasan mengapa para pendukung utama Darwinisme Sosial adalah para pemilik modal. Kemenangan pihak kuat dengan menginjak-injak golongan lemah dan penerapan kebijakan ekonomi yang sangat jauh dari rasa kasih sayang, saling membantu dan mencintai tidak lagi menjadi perbuatan yang terkutuk. Sebab perilaku seperti ini dianggap sejalan dengan “penjelasan ilmiah” dan “hukum alam”.
Menurut Richard Hofstadter, penulis buku Social Darwinism in American Thought, yang juga seorang pengusaha besar kereta api di abad ke-19 Chauncey Depew mengatakan bahwa kalangan yang meraih ketenaran, keberuntungan dan kekuasaan di kota New York mewakili prinsip kelangsungan hidup bagi yang terkuat, melalui keahlian unggul mereka, kemampuan berpikir ke depan dan kemampuan beradaptasi.”124 Raja perkeretaapian yang lain, James J. Hill, mengatakan bahwa “keberuntungan perusahaan-perusahaan kereta api ditentukan oleh hukum kelangsungan hidup bagi yang terkuat”125
Dalam biografinya, Andrew Carnegie, pemilik modal terkemuka lainnya di Amerika, menyatakan keyakinannya terhadap evolusi dengan mengatakan, “Saya telah menemukan kebenaran evolusi.”126 Di bagian lain ia menuliskan perkataan berikut ini:
(Hukum kompetisi) itu berlaku di sini; kita tidak dapat menghindarinya; teori yang dapat menggantikannya belum ditemukan; dan kendatipun hukum ini mungkin terkadang terasa berat bagi individu, namun ini yang terbaik bagi ras, sebab hal ini menjamin kelangsungan hidup bagi yang paling kuat di segala bidang (kehidupan). 127 
Dalam artikelnya Darwin’s Three Mistakes, ilmuwan evolusionis Kenneth J. Hsü, mengungkap pemikiran Darwinis kaum kapitalis Amerika terkemuka:
Darwinisme juga dijadikan pembenaran bagi individualisme kompetitif dan dampak alamiahnya di bidang ekonomi berupa kapitalisme bebas di Inggris dan di Amerika. Andrew Carnegie menulis bahwa “hukum kompetisi, secara sehat ataupun tidak, berlangsung dalam kehidupan ini; dan kita tidak dapat menghindarkannya”. Rockefeller melangkah lebih jauh ketika menyatakan bahwa “pertumbuhan bisnis besar hanyalah keberlangsungan hidup bagi yang terkuat; ini sekedar cara kerja hukum alam.”128
Sungguh sangat menarik, di Amerika, lembaga-lembaga seperti Rockefeller Foundation dan the Carnegie Institution, yang didanai oleh kerajaan kapitalis seperti Rockefeller dan Carnegie, memberikan bantuan dana cukup besar untuk penelitian di bidang evolusi.
Sebagaimana telah dipahami dari uraian di atas, kapitalisme telah menyeret manusia untuk menyembah hanya uang dan kekuatan yang bersumber dari uang. Dengan sama sekali tidak mengindahkan nilai agama dan etika, masyarakat yang terpengaruh pemikiran evolusi akan lebih mengutamakan materi, dan menjadi semakin jauh dari perasaan seperti cinta, kasih sayang dan pengorbanan.
Akhlak kapitalis ini telah merajalela hampir di seluruh lapisan masyarakat sekarang. Akibatnya, kaum miskin, lemah dan tak berdaya tidak mendapatkan bantuan, perhatian ataupun perlindungan. Bahkan jika mereka menderita penyakit parah dan mematikan, mereka tidak mampu mendapatkan seseorang yang bersedia membantu mengobati mereka. Kaum papa terlantar begitu saja hingga sakit dan meninggal. Di banyak negara, seringkali dijumpai ketidakadilan dan perilaku tidak manusiawi seperti anak-anak di bawah umur yang dipaksa bekerja dan diterlantarkan tanpa mendapatkan hak mereka secara wajar.
Kini, alasan mengapa negara-negara seperti Etiopia menderita bencana kekeringan dan kelaparan adalah merajalelanya moral kapitalis ini. Kendatipun bantuan dan dukungan dari banyak negara sebenarnya mampu menyelamatkan penduduk yang kelaparan ini, mereka tetap saja dibiarkan kelaparan dan miskin begitu saja.
Ciri masyarakat kapitalis lainnya adalah tersebarnya kekayaan dengan tidak adil dan merata. Dalam masyarakat seperti ini, perbedaan antara si kaya dan si miskin semakin hari semakin melebar. Ketika si miskin semakin miskin, harta kekayaan si kaya semakin bertambah. Munculnya jutaan tuna wisma yang hidup terlantar dan sangat memprihatinkan, bahkan di Amerika yang merupakan negara paling maju di dunia, merupakan akibat dari moralitas kapitalis. Sudah pasti masyarakat Amerika cukup kaya untuk memberi bantuan dan perlindungan kepada semua orang ini, termasuk memberi mereka pekerjaan. Tetapi karena mentalitas yang berlaku bukanlah memberi kesempatan kaum miskin untuk bangkit, tapi untuk tumbuh berkembang dengan menginjak si miskin, maka jalan keluar tidak diberikan bagi kaum miskin ini. Inilah hasil penerapan ajaran Darwinisme Sosial yang menyatakan bahwa “Untuk tumbuh berkembang, diperlukan suatu batu loncatan bagi seseorang untuk berpijak”.

KEHANCURAN MORAL AKIBAT DARWINISME


T idak diragukan lagi, bencana terbesar yang diakibatkan Darwinisme terhadap umat manusia adalah pemalingan manusia dari agama. Kehancuran moral dan spiritual yang dasyat berlangsung dengan cepat pada masyarakat yang jauh dari agama. Contoh seperti ini banyak dijumpai dalam masyarakat sekarang.
Sejumlah orang berkata bahwa Darwinisme tidak dapat dipersalahkan bagi jauhnya masyarakat dari agama. Sebab, sebagian besar mereka yang tidak menjalankan agama belum pernah mendengar tentang paham Darwinisme. Kalimat kedua dari pernyataan ini adalah benar adanya. Saat ini, mereka yang mendukung Darwinisme dengan pemahaman yang baik berjumlah sangat sedikit. Tapi perlu diingat, mereka yang sedikit inilah yang mengarahkan dan mengendalikan pola pikir masyarakat di sebagian besar bidang kehidupan. Pengaruh yang mereka bangun terhadap masyarakat mencapai jumlah yang tak terhitung. Mereka mampu menancapkan pola pikir mereka pada sebagian besar masyarakat. Misalnya, para profesor dari universitas terkenal, sebagian besar direktur film ternama, dan para editor penerbitan, surat kabar dan majalah terkenal di dunia, sebagian besarnya adalah para evolusionis, dan sudah barang tentu atheis. Oleh sebab itu, bagian masyarakat yang menjadi garapan mereka terpengaruh oleh media masa beserta pemikiran evolusi dan anti-agama mereka. Hasilnya, muncullah masyarakat yang menerima gagasan menyimpang ini secara luas.
Ernst Mayr, ahli biologi Universitas Harvard yang juga seorang evolusionis terkemuka di dunia, menjelaskan kedudukan teori evolusi dalam kehidupan masyarakat sebagai berikut:
Sejak Darwin, setiap orang yang berpengetahuan setuju bahwa manusia berasal dari kera... Evolusi berpengaruh pada setiap aspek pemikiran manusia: filsafatnya, metafisiknya, etikanya...131
Pengaruh luas Darwinisme dalam kehidupan masyarakat bekerja layaknya kekuatan “sihir”. Sebagian besar generasi muda khususnya, dengan pengalaman hidup yang belum matang untuk membangun pola pikir yang sangat sederhana sekalipun, mudah terpedaya oleh gagasan semacam ini. Yang jauh lebih mudah lagi adalah mengarahkan mereka berpola pikir sebagaimana yang diinginkan melalui majalah yang mereka baca, film, permainan atau klip musik yang mereka tonton, dan, yang terpenting dari semua ini, melalui pendidikan yang mereka terima di sekolah. Sebab, pengaruh inilah yang menjadikan manusia mempercayai teori evolusi sebagai kebenaran selama 150 tahun, meskipun kebohongan dan ketidakilmiahannya telah terbukti.
Jika anda cermati, kini propaganda anti agama jarang dilakukan secara terang-terangan. Tak seorangpun secara terbuka mengajak orang lain untuk meninggalkan beragama. Namun, cara tersembunyi untuk melakukan hal ini diterapkan, meski tidak nampak pada awalnya. Penghinaan terhadap agama atau hal yang berhubungan dengannya, terhadap para agamawan, penggunaan kata yang memiliki arti pengingkaran terhadap Tuhan, takdir, dan agama dalam syair-syair lagu, novel, film, judul utama surat kabar, dan lelucon, hanyalah sedikit contoh cara tersembunyi tersebut.
Akan tetapi, pokok bahasan seputar Darwinisme merupakan alat yang paling umum digunakan untuk propaganda anti agama. Bahkan dalam pokok bahasan yang sangat tidak berkaitan, kebohongan bahwa nenek moyang kita adalah kera tetap ditegaskan. Pernyataan tentang teori evolusi bahkan tercantum secara tersirat dalam analisis psikologi manusia. Akibatnya, muncullah masyarakat manusia yang tidak begitu menaruh perhatian pada agama, kehidupan akhirat, dan tanggung jawab moral; yang tidak berpikir, yang tidak takut kepada Tuhan, dan yang sungguh tidak beriman kepada-Nya meski saat ditanya mereka menyatakan beriman kepada Tuhan dan agama. Manusia yang tidak beriman dan takut kepada Allah tidak merasa dibatasi dan diatur dalam hal apapun. Mereka hidup layaknya binatang yang mereka anggap sebagai nenek moyang mereka.
Misalnya, seseorang yang tidak berhati-hati dalam menjaga diri dan tidak takut kepada Allah, tidak dapat diharapkan untuk menjaga kesucian dirinya karena ia merasa tidak ada batasan yang harus dipatuhinya. Ia tergiur untuk melakukan berbagai tindakan tak bermoral selama dapat melakukannya di luar sepengetahuan manusia. Sebagaimana yang kini terjadi, terutama di kalangan tertentu dan kaum muda, batasan yang semakin lama semakin longgar, semakin tidak dihiraukannya nilai moral dan larangan Tuhan, dan berpalingnya masyarakat dari agama akibat gagasan Darwinisme, adalah salah satu akibat dari semua ini. Manusia yang memandang diri mereka sama sekali tak terikat oleh aturan dan tidak akan bertanggung jawab kepada siapapun, akan berperilaku melampaui batas dari hari ke hari. Kaum muda-mudi berani mengisahkan kepada surat kabar tentang kehidupan sex mereka hingga bagian-bagiannya yang terkecil. Surat kabar pun memuatnya sementara para pembaca tidak berkeberatan membacanya. Media masa memuji dan membahas perzinahan dengan penuh semangat, bahkan menganjurkan agar setiap orang melakukannya. Begitulah, zina telah menjadi perbuatan yang tidak lagi dipandang tidak wajar. Jika dicermati dengan seksama, di balik pembunuhan, perzinahan, kecurangan, penipuan, memberi dan menerima suap, dan kebohongan; singkatnya, yang menjadi biang segala perbuatan bejat ini adalah jauhnya masyarakat dari ajaran agama. Cara paling ampuh untuk menciptakan keadaan ini secara luas adalah pengaruh kuat kebohongan Darwinisme yang menyatakan bahwa “manusia muncul menjadi ada akibat peristiwa kebetulan belaka “
Ken Ham, penulis buku The Lie: Evolusion, membahas berkurangnya keyakinan terhadap agama akibat pengaruh Darwinisme sebagai sebuah pokok bahasan dan mengatakan:
Jika Anda mengingkari Tuhan dan mengganti-Nya dengan keyakinan lain yang menempatkan kebetulan, proses yang berlangsung secara acak sebagai ganti Tuhan, maka tidak ada patokan yang menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Peraturan tergantung bagaimana kita ingin membuatnya. Tidak ada sesuatu yang mutlak – tidak ada patokan-patokan yang wajib dipatuhi. Manusia akan membuat peraturan mereka sendiri.132
Evolusionist terkenal Theodious Dobzhansky menyetujui pendapat yang menyatakan bahwa gagasan “seleksi alam”, yang menjadi landasan bagi Darwinisme, telah menyebabkan munculnya masyarakat yang berakhlak buruk:
Seleksi alam cenderung dapat memunculkan sikap mementingkan diri sendiri, hedonisme, ketakutan sebagai ganti keberanian, kecurangan dan pemerasan. Sebaliknya, etika kebersamaan yang pada dasarnya ada di seluruh masyarakat cenderung menentang atau melarang perilaku ‘alami’ seperti itu, dan memuji kebalikannya: kebajikan, kedermawanan, dan bahkan pengorbanan diri demi kemaslahatan untuk sesama, untuk suku atau untuk bangsa dan bahkan untuk seluruh umat manusia.133
Jika kita amati sekeliling kita saat ini, kita akan segera menyadari jejak-jejak kehancuran paling parah yang diakibatkan oleh moralitas Darwinisme. Gagasan bahwa kemajuan, pembangunan, dan peradaban dihasilkan oleh manusia yang hidup terpisah satu dari yang lain dan tanpa ikatan untuk saling memberikan pertolongan, kesetiaan, penghormatan, dan belas kasih, telah dipaksakan kepada masyarakat. Pernyataan bahwa keadaan ini hendaknya diterima demi kemajuan dan tingkat produksi yang lebih besar seringkali dikemukakan. Padahal, ini merupakan akibat ulah manusia sendiri yang menempatkan diri mereka pada “status binatang”, dan tidak dapat dikatakan sebagai kemajuan ataupun peradaban.
Sungguh, manusia bukanlah spesies binatang dan ia tidak muncul menjadi ada sebagai keturunan dari binatang manapun. Manusia, yang Allah ciptakan dengan kelengkapan akal, kecerdasan, hati nurani, dan ruh, adalah makhluk yang sama sekali berbeda dengan makhluk lain dikarenakan berbagai beragam keistimewaannya ini. Namun, akibat pengaruh sihir Darwinisme-materialisme, manusia melupakan keistimewaan tersebut dan tenggelam dalam kepicikan, akhlak buruk, dan hati nurani serta nalar yang tidak berfungsi, yang bahkan tidak dijumpai pada binatang. Kemudian mereka berkata, “Kita pun keturunan binatang, sehingga masih terdapat warisan genetis dari mereka,” dan membuat dalih ilmiah untuk menutupi kemalasan dan kebebalan mereka.
Banyak ilmuwan yang mendalami masalah perilaku manusia, yang juga pengikut Darwinisme, menjadikan alur berpikir ini sebagai dasar berpijak, dan menyatakan bahwa kecenderungan manusia kepada tindak kejahatan merupakan warisan perilaku nenek moyang binatangnya. Dalam bukunya Ever Since Darwin, evolusionis terkemuka Stephen Jay Gould mengemukakan pernyataan, yang awalnya dikemukakan oleh fisikawan Italia Lombroso:
Teori-teori biologi tentang kriminalitas bukanlah barang baru, tapi Lombroso memberikan penjelasan baru yang berkaitan dengan evolusi. Terlahir sebagai penjahat bukan berarti menderita kegilaan atau berpenyakit; mereka, secara harfiah, terlempar kembali ke tangga evolusi sebelumnya. Sifat-sifat genetis nenek moyang kita yang primitif dan mirip kera masih tersisa dalam perbendaharaan genetik kita. Sejumlah orang yang kurang beruntung terlahir dengan sejumlah besar sifat-sifat nenek moyang ini, yang di luar kewajaran. Perilaku mereka mungkin dapat diterima dalam masyarakat biadab masa lalu; namun kini, kita menjulukinya sebagai tindakan kriminal. Kita mungkin merasa kasihan terhadap mereka yang terlahir sebagai kriminal, dikarenakan mereka tidak dapat menghindarinya; namun kita tidak dapat membiarkan tindakan mereka begitu saja.134
Menurut anggapan para Darwinis, dengan kata lain pembunuhan seseorang terhadap orang lain, penderitaan yang ditimpakan kepadanya, pencurian, dan perkelahian, merupakan warisan yang secara genetis diturunkan dari nenek moyangnya yang mirip kera. Berdasarkan alasan tersebut, berbagai tindak kejahatan ini bukanlah berasal dari dalam diri orang tersebut dan, karenanya, dipandang sebagai suatu yang dapat dimaklumi.
Sebagaimana dapat dipahami dari pernyataan-pernyataan ini, pola pikir Darwinis memandang nurani manusia dan kemampuannya untuk berkehendak, bernalar dan menilai sesuatu sebagai hal yang tidak bermakna, dan meyakini manusia sebagai makhluk yang tidak memiliki kecerdasan, yang berperilaku menuruti instingnya, persis sebagaimana binatang. Menurut pandangan ini, layaknya singa liar yang tidak mampu menahan perilaku agresif dalam dirinya dan tidak dapat memperlihatkan perilaku arif seperti menahan amarah, atau memberi maaf dan bersabar, maka manusia pun berperilaku sama. Sudah pasti, ketiadaan rasa damai dan aman, kekacauan, pertikaian, dan perkelahian akan terjadi dalam masyarakat yang di dalamnya terdapat manusia semacam ini.


Kesengsaraan dan Keputus-asaan Akibat Darwinisme

Menurut kaum Darwinis dan materialis, keseluruhan alam raya, termasuk manusia, terbentuk sebagai hasil peristiwa acak dan kebetulan. Berkembangnya pengaruh pandangan ini dalam masyarakat memunculkan sosok-sosok manusia tak bertanggung jawab yang sama sekali merasa tidak terikat oleh aturan apapun.
Seseorang yang tidak memiliki tujuan hidup tidak akan berpikir, tidak mampu memberikan arahan bagi pengembangan diri mereka sendiri, tidak memiliki kepedulian, suka mencela, tidak berperasaan, tidak memiliki kepekaan, tidak mampu menggunakan hati nuraninya, dan tidak mengenal aturan atau batasan. Ia tidak memiliki sifat mulia atau akhlak terpuji. Dalam pandangannya yang menyimpang, dirinya adalah sosok hewan yang telah berkembang dan maju. Karenanya, dalam hidupnya di dunia ini, ia harus mencari makan dan berkembang biak sebagaimana makhluk hidup lainnya. Setelah kebutuhan pokoknya terpenuhi, ia hendaknya mencari hiburan dan kesenangan sepuas-puasnya, dan menunggu hingga saat kematian tiba. Begitulah, di sini kita pahami bahwa meskipun kebanyakan orang tidak memiliki pengetahuan tentang seluk-beluk Darwinisme, mereka menjalani kehidupan sebagai umat manusia sebagaimana yang dikemukakan oleh Darwin.
Karena mereka menjalani kehidupan yang penuh dengan kekerasan, sebuah kehidupan yang suatu saat akan berakhir, maka orang-orang ini mudah terbawa oleh perasaan yang sangat menekan dan rasa keputusasaan. Keyakinan bahwa segalanya akan berakhir dengan kematian, dan tidak ada sesuatu pun setelah kematian, menjadikan hidup mereka tidak bahagia. Salah satu penyebab tindakan bunuh diri, gangguan jiwa, dan tekanan batin adalah pengaruh buruk sihir Darwinisme dalam diri manusia.
Richard Dawkins, salah seorang evolusionis terkemuka masa kini, mengungkap satu contoh kasus ini. Dawkins menyatakan manusia sebagai mesin gen, dan satu-satunya tujuan keberadaan manusia di dunia adalah untuk mewariskan gen ini ke generasi berikutnya. Dalam pandangan Dawkins, tidak ada tujuan lain bagi keberadaan manusia atau alam semesta. Seluruh jagat raya dan manusia terbentuk sebagai hasil peristiwa acak dan kebetulan.
Mereka yang terpedaya untuk meyakini pernyataan ini akan mudah merasa tertekan dan kehilangan harapan. Manusia yang mempercayai tujuan hidup hanyalah untuk mewariskan gen, bahwa segalanya berakhir dengan kematian dan tak satupun yang ia lakukan di dunia ini memiliki makna, dan yang menganggap persahabatan, cinta kasih, kebajikan, dan keindahan tidak memiliki arti, akan menganggap kehidupan ini begitu kejam dan tidak berguna. Mereka tidak akan mampu mendapatkan kebahagiaan dari apapun yang ada. Dalam kata pengantar bukunya Unweaving the Rainbow, Dawkins mengakui pengaruh negatif dan perasaan putus asa yang dialami oleh mereka yang telah membaca pernyataannya tentang tujuan hidup manusia:
Sebuah penerbitan asing yang menerbitkan buku pertama saya mengaku bahwa ia tidak dapat tidur selama tiga malam setelah membacanya, ia merasa sangat terganggu dengan apa yang ia anggap sebagai pesan yang dingin, dan mendorong rasa putus asa dalam buku tersebut. Beberapa orang yang lain bertanya kepada saya bagaimana saya masih sanggup bangun di pagi hari. Seorang guru dari sebuah negeri yang jauh menulis kepada saya dengan nada menyalahkan bahwa seorang murid datang kepadanya sambil menangis setelah membaca buku yang sama, karena buku tersebut telah mendorongnya beranggapan bahwa hidup ini hampa dan tidak memiliki tujuan. Ia menganjurkannya agar tidak memperlihatkan buku tersebut kepada teman-temannya karena khawatir akan mengotori mereka dengan pemikiran pesimisme nihilistik yang sama. Tuduhan serupa tentang kehampaan hidup, menyebarkan pesan yang gersang dan tidak membahagiakan, seringkali terlontar dalam ilmu pengetahuan secara umum, dan para ilmuwan mudah sekali menjadikan mereka terpengaruh. Rekan saya Peter Atkins memulai bukunya The Second Law (1984) dengan pernyataan serupa:
Kita adalah anak-anak yang hidup dalam dunia yang tidak memiliki tujuan, dan segalanya mengalami perubahan yang mengarah ke kerusakan. Pada dasarnya, yang ada hanyalah kerusakan dan kekacauan. Semua tujuan telah sirna; segala yang tertinggal hanyalah arah. Saat kita menyelami lebih jauh di kedalaman alam semesta, kita akan mendapati ketiadaan makna dan ini adalah sesuatu yang harus kita terima.135
Pendukung Darwinisme lainnya adalah Nietzshe, seorang filsuf Jerman yang menyatakan kehidupan ini tidak bermakna apapun, dan yang menjadikan orang-orang memandang hidup ini secara pesimis. Tesisnya tentang keunggulan ras memberikan dukungan filosofis bagi Hitler. Pemikiran yang ia kemukakan, yang dikenal sebagai “nihilisme” dan “nothingisme”, pada intinya adalah: Manusia hendaknya memiliki tujuan untuk hidup. Namun tujuan ini, menurut Nietzsche yang tidak mengakui keberadaan Tuhan, tidak ada kaitannya dengan Tuhan yang telah menciptakan manusia. Karenanya, dalam pemahaman Nietzsche, manusia terus-menerus mencari tujuan hidup ini, akan tetapi tidak mampu menemukannya. Akibatnya, ia mengalami pesimisme dan keputusasaan.
Yang benar sesungguhnya adalah mencari tujuan di balik keberadaan atau penciptaan manusia. Namun, sebagaimana yang dikemukakan Nietzsche, jika seseorang sama sekali tidak mau menerima tujuan utama keberadaan dirinya, dan berusaha sendiri untuk mencari tujuan selain yang ada dalam batasan kebenaran ini, maka ia pasti tak akan mampu menemukannya. Dan perlu kami kemukakan di sini bahwa Nietzsche meninggal dalam keadaan gila.
Masyarakat yang melupakan penciptaan diri mereka oleh Tuhan, yang telah menciptakan untuk sebuah tujuan, akan benar-benar mengalami kehancuran moral dan spiritual. Kekayaan, kemakmuran, dan kemajuan ekonomi tidak akan memberikan kedamaian dan rasa aman bagi orang-orang ini. Manusia yang tidak mau menuruti akal sehat dan suara hati nuraninya, yang merasa tidak terikat oleh aturan apapun dan tidak memiliki tujuan hidup, akan menderita kesedihan dan keputusasaan. Mereka yang beranggapan bahwa kehidupan mereka di dunia akan berakhir dengan kematian, akan mengalami kesedihan, kesengsaraan, dan keputusasaan saat mereka menjalani kehidupan sesungguhnya setelah kematiannya.
Sebaliknya orang yang beriman kepada Tuhan dan hari akhir memahami tujuan penting dari kehidupannya. Ia selalu merasakan kebahagiaan dan berharap akan ampunan, kasih sayang Allah beserta surga-Nya. Apapun yang terjadi, ia akan senantiasa bersyukur kepada Tuhan. Karenanya, ia tidak pernah terpedaya untuk berprasangka buruk dan berputus asa.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking