15 Augustus 2013

Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1

Satuan Pendidikan                  : SMK N 1 Yogyakarta
Kompetensi Keahlian              : Bisnis dan manajemen
Mata  Pelajaran                       : Kompetensi kejuruan
Kelas/Semester                        : X AP 1 / X AP 2
Tahun Pelajaran                       : 2013/2014
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit (satu kali tatap muka)
Kode Kompetensi                   : 118 KK SK 3
KKM                                       : 70
Standar Kompetensi               : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar                   : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator                                 : 1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
  1.2 Menjelaskan pentingnya kerjasama dengan kolega dan
        pelanggan dengan benar dan tepat

I.         Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat melakukan komunikasi dengan kolega secara terbuka, profesional dan secara ramah tamah.
2.      Siswa dapat menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat sesuai tata bahsa Indonesia.
3.      Siswa dapat mempertimbangkan pengaruh bahasa tubuh
4.      Siswa mampu memperlihatkan kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan
5.      Siswa mampu mempergunakan keaktifan mendengarkan dan bertanya untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
6.      Siswa dapat mengidentifikasi potensi konflik yang ada dan mencari solusinya dengan bantuan kolega bila dibutuhkan.

Nilai Karakter yang dikembangkan :
Ø  Gemar membaca
Ø  Tanggung jawab
Ø  Disiplin
Ø  Religius
Ø  Keberanian

II.       Materi Pokok
1.      Mendiskripsikan kerja sama dengan kolega dan pelanggan

III.    Metode Pembelajaran
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran   
Kegiatan
Proses Pembelajaran
Pengorganisasian kelas
Waktu
Peserta
a.       Apersepsi/
motivasi






b.      Kegiatan Inti
                    













c.Kegiatan Akhir           
1.      Pengkondisian Kelas (Disiplin)
2.      Berdoa (Religius)
3.      Guru memperkenalkan diri kepada siswa
4.      Mengabsen siswa (disiplin dan tanggung jawab)
5.      Menyampaikan tujuan dan cakupan materi Mendiskripsikan kerja sama dengan kolega dan pelanggan

- Eksplorasi :
1.      Nonton film terkait komunikasi (Rasa ingin tahu)
2.      Guru menjelaskan materi mengenai pengertian kerja sama dengan kolega dan pelanggan(Rasa ingin tahu)
a.       Pengertian komunikasi
b.      Unsur-unsur komunikasi
c.       Media komunikasi
d.      Asas-asas komunikasi
e.       Siswa mendengarkan serta mencatat penjelasan yang disampaikan guru (Gemar membaca)
- Elaborasi :
1.      Guru membuka sesi Tanya jawab kepada siswa atas materi yang telah disampaikan (keberanian)
- Konfirmasi
1.      Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap materi yang telah  dipelajari siswa.
2.      Meminta siswa untuk merefleksi atas pembelajaran yang telah dialaminya.
3.      Memberikan tugas untuk pertemuan berikutnya (LKS Halaman 6-7)
Penutup
1.      Guru menyimpulkan materi pelajaran yang dipelajari pada hari ini.
2.      Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
3.      Doa dan salam.
20 Menit







30 menit










15 menit



15 menit







10 menit




Kelas







Kelas










Kelas



Kelas







Kelas






V.       SUMBER BELAJAR
Tim Merah Putih. 2008. Modul Produktif Andalan Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran: Menerapkan Prinsip-prinsip Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. CV. Merah Putih.
E. Juhana Wijaya. 2009. Kerjasama dengan Kolega dan Pelanggan. Bnadung. CV, Armico.
Suyetty dan Gita Kurniawan. 2005. Bekerja Sama dengan Kolega dan Pelanggan. Bogor. Yudhistira.

VI.    BAHAN/ ALAT :
Papan Tulis, spidol
LCD
Komputer
Buku-buku yang relevan

VII. PENILAIAN PROSES/OBSERVASI
1.      Prosedur test:
Test awal        : ada
Test Proses     : ada
Test akhir       : ada

2.      Jenis test         :
Test awal        : lisan
Test proses     : pengamatan dan hasil akhir
Test akhir       : ada   

3.      Kriteria penilaian
Proses             : 10
Hasil kerja      : 80
Sikap              : 10

Penilaian Ranah Psikomotorik
No
KRITERIA
NILAI MAKSIMAL
NILAI
PEROLEHAN
KETERANGAN

1
Proses kerja
10


2
Hasil kerja
80


3
Sikap
10


    




Penilaian Ranah Afektif
No.
Aspek yang dinilai
Nilai
Kurang
(Skor < 60)
Cukup
(Skor 60-75)
Baik
(Skor 76-85)
Amat Baik
(Skor 86-100)
1.
Ketertiban




2.
Semangat belajar/ Antusias




3.
Inisiatif




4.
Kemampuan berbicara




5.
Dll.




Jumlah SKOR Afektif






 
MATERI AJAR
Standar Kompetensi               : Menerapkan prinsip – prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Kompetensi Dasar                   : 1. Mendiskripsikan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
Indikator                                 : 1.1 Menjelaskan arti kolega dan pelanggan dengan benar
  1.2 Menjelaskan pentingnya kerjasama dengan kolega dan
        pelanggan dengan benar dan tepat

A.    Mendeskripsikan Kera sama dengan kolega dan pelanggan
1.      Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pengiriman atau penerimaan informasi antara dua orang atau lebih dengan menggunakan cara yang tepat, sehingga informasi, berita atau pesan, dapat dimengerti oleh kedua pihak.
Menurut Benny kaluku dalam bukunya Planning kumunikasi adalah proses penyampaian pengertian dan mengandung semua unsur prosedur, yang dapat mempertemukan suatu pemikiran dengan pemikiran lain.

2.      Unsur-unsur Komunikasi
a.       Pengirim pesan (komunikator)
Merupakan tokoh utama yang memiliki peran terpenting dalam proses komunikasi. Komunikator dapat perorangan, kelompok, ataupun massa.
b.      Penerima pesan (komunikan)
Merupakan seseorang yang mendapatkan suatu pesan
c.       Pesan
Adalah apa yang disampaikan oleh komunikator kepda komunikan
Bentuk pesan :
1)      Informatif
2)      Persuasive
3)      Koersif
d.      Media
Merupakan alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator ke komunikan, baik secra langsung ataupun tidak langsung
e.       Efek
Hasil akhir suatu kmunikasi yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak dengan yang diinginkan.

3.      Media Komunikasi
Media adalah orang, bahan, peralatan, atau kegiatan yang menciptakan kondisi, dimana memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Media Komunikasi adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu.
a.       Jenis-jenis media komunikasi
1)      Media komunikasi audio, yaitu alat yang dapat didengar, ditangkap melalui alat pendengaran.
2)      Media komunikasi visual, yaitu alat yang dapat dilihat/ditangkap melalui alat pegalihan.
3)      Media komunikasi audio visual, yaitu alat yang dapat dilihat dan didengar.
b.      Fungsi media komunikasi
1)      Mempermudah penyampaian pesan atau informasi kepada komunikan
2)      Mempersingkat waktu penyampaian informasi kepada komunikan
3)      Mengkonkritkan isi berita yang bersifat abstrak
4)      Merupakan alat hiburan dan mendidik para komunikan

4.       Asas-asas komunikan
Suatu organisasi yang baik, dalam penyampaian warta akan menggunakan segala macam saluran yang mungkin. Pertama saluran perintah dan tanggung jawab. Tetapi tidak juga mengabaikan saluran hubungan internal diantara para anggotanya. Selanjutnya, segala cara dan alat untuk mengadakan dimana mungkin hendakanya digunakan. Dengan demikian, warta yang dikehendaki dapat mencapai tempat tujuan secra efektif. Dengan adanya hubungan yang baik, maka terjadilah suatu kerjasama yang lebih sempurna dalam mencapai tujuan organisasi tersebut. supaya dapat mengatakan kerja sama, maka tugas pertama pucuk pimpinan organisasi ialah menciptakan dan memelihara sebuah sistem komunikasi.